Menghindari Spam Filter Email Marketing (Bagian 2)

| posted in: Artikel | 0

Maraknya praktek email marketing juga telah menimbulkan spam dan spam filter, sehingga bisa menyebabkan diblokirnya email. Dalam artikel ini kami akan mengupas bagaimana menghindari spam filter email marketing. Kami jelaskan langkah-langkah yang dapat anda ambil untuk membantu mengurangi jumlah email terkirim yang bisa diblokir oleh filter spam.

Spam Filter
source:www.spamwall.com
Format Email
Jagalah format email tetap sederhana, bersih dan profesional. Penggunaan warna, font, ukuran dan gambar berlebihan akan terhadang spam filter. Gunakan maksimal 2 atau 3 jenis dan ukuran font. Lalu format konten tubuh email tidak perlu terlalu bergaya. Meskipun ingin tampil menawan, namun tetap gunakan stylesheet, format dan tag sederhana dalam email, karena anda bukan sedang membuat website dan server email memiliki standar yang berbeda. Jangan gunakan warna yang sama untuk background dan teks. Filter akan mendeteksi upaya anda menyembunyikan teks sebagai spam. Jangan menyertakan terlalu banyak gambar dan lampiran dalam email, dan perhatikan agar ukuran filenya tidak besar, direkomendasikan total 500 kilobytes.

Aplikasi email marketing memberikan anda opsi untuk menyertakan versi email “text only” dalam setiap pengiriman. Manfaatkanlah fitur ini, dan pastikan isi teks merupakan representasi yang benar dari email versi HTML.
Tampilkan email newsletter anda dengan gaya khas yang konsisten. Gunakan template atau jadikan desain anda sebagai template. Hal ini akan memastikan bahwa semua newsletter dari anda terlihat dan terasa sama, dan bermanfaat langsung terhadap profesionalisme dan branding anda. Hal semacam ini menjadi penting karena penerima menjadi nyaman dengan kehadiran email newsletter anda, mau membuka dan membacanya, serta selalu menantikan edisi berikutnya. Disinilah bisa dikatakan bahwa email marketing anda telah kredibel dan bekerja secara efektif.

Ujilah Email Newsletter Anda
Langkah akhir untuk memastikan adalah pengujian. Aplikasi email marketing kami memiliki pengujian nilai spam dan pengujian tampilan di beberapa akun email yang umum. Ujilah email anda dengan mengirim newsletter ke beberapa akun email dengan spam filter di Gmail, Yahoo dan Hotmail. Jika newsletter masuk di folder junk, maka anda harus merevisinya. Akan lebih baik lagi jika anda sempat mengujinya di akun email hosting berbayar dan di aplikasi lain untuk pengujian spam.

Solusitek berusaha menjaga kinerja dan kredibilitas server dalam pengiriman email marketing anda. Jumlah email terkirim di sektor bisnis terus meningkat dan saat ini mencapai 100 miliar dalam satu hari. Di tengah kondisi itu, menjaga server email tetap kredibel sangatlah sulit. Akan menjadi sia-sia jika kami kirimkan email anda dan hanya masuk ke folder junk. Maka, agar email terkirim masuk ke inbox dibutuhkan upaya anda mulai dari mengelola Contact List hingga konten email itu sendiri. Tips ini bertujuan agar email pemasaran anda lolos dari spam filter penerima dan masuk ke inbox sehingga punya peluang untuk dibuka dan dibaca.(solusitek)



Comments are closed.